Home > Info Perpustakaan

Sejarah

Sejarah berdirinya Perpustakaan Universitas Quality juga sejalan dengan berdirinya kampus Universitas Quality itu sendiri yang dahulu bernama Universitas Karo di Kabanjahe diselenggarakan oleh Yayasan Karo Simalem diprakarsai oleh beberapa tokoh masyarakat Karo pada tahun 1986. Izin Operasional pelaksanaan proses akademik dikeluarkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I, melalui suratnya nomor : 302/SK/KOP.I/86, tertanggal 14 Mei 1986 dan selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0337/0/1987, tertanggal 01 Juli 1987 menyetujui berdirinya Universitas Karo di Kabanjahe dengan mengelola 5 (lima) Fakultas.

Gedung Perpustakaan UQ saat ini satu lantai dan terbentuk dalam satu ruangan yang terdiri dari ruang koleksi, ruang baca dan ruang petugas tanpa ada dipisahkan dengan sekat atau batas. Ruang baca dapat menampung 35 orang pembaca dalam satu waktu pada jam-jam sibuk.

Sejak Mei 2018, Perpustakaan UQ mengalami perubahan sistem pelayanan dari manual ke berbasis komputer dengan menggunakan Aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System). Kegiatan absensi, pencarian koleksi, sirkulasi dan pelaporan sudah berbasiskan sistem. Perpustakaan UQ terus berupaya untuk maju dan mengikuti perkembangan sejalan dengan misi yang diemban oleh induknya dan tetap berperan untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

Visi

Perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang bermutu dalam pelayanan terhadap sivitas akademiknya

Misi

Memberikan akses informasi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan sivitas akademi serta jasa layanan informasi yang dapat mendukung tri dharma perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu sumber daya perpustakaan menjadi relevan dan professional

Tujuan

  1. Menyediakan koleksi yang sesuai dan tepat dalam rangka proses mengajar civitas akademika Universitas Quality, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki berkualitas, mandiri dan professional.
  2. Menyediakan fasilitas layanan yang efektif dan efesien.
  3. Menyediakan sarana dan perasarana yang memadai.
  4. Memberikan fasilitas yang memudahkan penggunaan koleksi dan pelayanan bagi pengguna perpustakaan.
  5. Memberikan suatu lingkungan fisik yang tepat untuk memungkinkan staf dapat mencapai dan memelihara kinerja yang baik serta meningkatkan karir.
  6. Tersedia sumber daya manusia dan manajemen organisasi yang tepat untuk mencapai tujuan dan sasaran.

Struktur Organisasi

Staff Perpustakaan

  • Mar'atul Qibtiyyah, S.Sos (Kepala Perpustakaan)

 

Jam Pelayanan

Perpustakaan dibuka setiap hari kerja dengan ketentuan sebagai berikut:

Senin - Jumat : 
08:30 - 17:00 WIB

Sabtu : 
08:30 - 13:00 WIB

HARI LIBUR NASIONAL TUTUP

 

Koleksi Perpustakaan

Di Perpustakaan Universitas Quality Medan, Anda akan menjumpai berbagai buku, literatur, diktat kuliah, majalah dan jurnal ilmiah lengkap. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, kami senantiasa memantau perkembangan teknologi informasi agar kami dapat melengkapi koleksi perpustakaan kami dengan buku-buku terkini, baik dari terbitan dalam negeri maupun internasional.

Keanggotaan

Bagi Mahasiswa/dosen/pegawai yang ingin menjadi anggota Perpustakaan UQ agar dapat meminjam koleksi maka harus:

  1. Menunjukkan KTM kepada petugas perpustakaan
  2. Mengirim pasphoto dalam bentuk *jpeg ke email universitasqualityperpustakaan@gmail.com (Subjek Email: NPM+Nama)
  3. Selesai

Peminjaman Koleksi

Koleksi yang dapat dipinjam oleh pengguna perpustakaan adalah koleksi buku. Mahasiswa/dosen/pegawai yang ingin meminjam buku prosedur yang harus diikuti adalah:

  1. Menunjukkan KTM kepada petugas
  2. Memahami peraturan peminjaman : maksimal buku yang dipinjam 3 eks, jangka peminjaman 7 hari, perpanjang 2x peminjaman dengan jangka perpanjang pinjaman 7 hari
  3. Menerima cetakan Slip Peminjaman Koleksi dari petugas
  4. Selesai

 

 


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog