PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI BINTANG UTARA MEDAN

Fuji Hilmawati, Mbayak Ginting, Nasrul Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi PT Bintang Utara Medan. Teknik sampling yang digunakan ialah Accidental Sampling dengan jumlah penyebaran kuesioner ke 96 responden. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna jasa transportasi PT Bintang Utara Medan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa harga dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh. Sedangkan, hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa harga, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, nilai Adjusted R² sebesar 0,843 menunjukkan bahwa harga, fasilitas dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variasi terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 84.3 % dan sisanya sebesar 15.7 % dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


harga. fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v4i2.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional