PENGARUH HARGA DAN PROSES TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MARTABAK BANGKA TERANG BULAN DI MEDAN

Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting, Selvida Riahta Br Tarigan

Abstract


Abstrak

Martabak Bangka Terang Bulan merupakan bisnis yang bergerak dibidang makanan khususnya Martabak. Ide bisnis Martabak Bangka Terang Bulan berawal dari ramainnya dikalangan masyarakat menyukai makanan khas daerah di Indonesia salah satunya Martabak Bangka ini, berangkat dari ide tersebut sehingga dikembangkan menjadi makanan yang memiliki standard cita rasa yang tinggi dan sebagai makanan yang mewakili ciri khas suatu daerah, dan dapat menjadi makanan yang sifatnya sebagai oleh – oleh. Peneliti melakukan pengamatan dan wawancara langsung kepada beberapa pelanggan untuk mengetahui masalah apa yang terdapat didalam masyarakat atau pasar sehingga dapatlah masalah seperti Harga dan Proses dalam sebuah bisnis menjadi berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Harga dan Proses secara bersama (simultan) maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Martabak Bangka Terang Bulan Di Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga (X1) dan Proses (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) Martabak Bangka Terang Bulan Di Medan dengan F-hitung 45,013 > 3,18  F-tabel dan signifikan 0,000 < 0,05, Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan t-hitung 5.374 > 2,011 t-tabel dan signifikan 0,000 < 0,05, Proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Pelanggan dengan t-hitung 2.087 > 2,011 t-tabel dan signifikan 0,000 < 0,05. Nilai R Square 65,7% memperlihatkan kontribusi Harga dan Proses terhadap Loyalitas Pelanggan. Sisanya 34,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul mengenai Pengaruh Harga Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Martabak Bangka Terang Bulan Di Medan.

 

Kata Kunci : Harga, Proses dan Loyalitas Pelanggan.

 

Abstract

Martabak Bangka Terang Bulan is a business that operates in the food sector, especially Martabak. The business idea for Martabak Bangka Terang Bulan started from the popularity among people who like regional specialties in Indonesia, one of which is Martabak Bangka, starting from this idea so that it was developed into a food that has a high standard of taste and as a food that represents the characteristics of a region, and can be become food as souvenirs. Researchers conducted direct observations and interviews with several customers to find out what problems exist in society or the market so that problems such as prices and processes in a business can have an influence on customer loyalty. The purpose of this research is to find out whether price and process together (simultaneously) or partially have a significant effect on customer loyalty at Martabak Bangka Terang Bulan in Medan. The approach used in this research is an associative approach. The sample in this study consisted of 50 respondents. The analysis technique uses the classical assumption test, multiple linear regression, t test, f test, and coefficient of determination. The results of the research show that Price (X1) and Process (X2) simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty (Y) of Martabak Bangka Terang Bulan in Medan with F-count 45.013 > 3.18 F-table and significant 0.000 < 0.05, Price partially has a significant effect on Customer Loyalty with a t-count of 5,374 > 2.011 t-table and a significant 0.000 < 0.05. The process partially has a significant effect on Customer Loyalty with a t-count of 2,087 > 2.011 t-table and a significant 0.000 < 0.05 . The R Square value of 65.7% shows the contribution of Price and Process to Customer Loyalty. The remaining 34.3% is influenced by other variables not studied. Based on the background above, the author is interested in conducting research with the title The Influence of Prices and Prices on Customer Loyalty of Martabak Bangka Terang Bulan in Medan.

 

Keywords: Price, Process and Customer Loyalty.


Keywords


Harga, Proses dan Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

PDF PDF

References


Agestina, K., & S. I. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Hanna Kebab Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 110-121.

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta:. Bandung.

Andhika, A., & Hasanah.A.U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. . Business and Enterpreneurship Journal (BEJ). Vol.1. No. 2.

Anggraeni, R. . (2017). Pengaruh Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen Vanilla Cafe Tulungangung. Simki-Economic. Vol 1. No. 3.

Bagio, S. J. (2019, April). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16 No. 01,.

Dadang Suhairi. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Honda Autobest Bandung. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9),, 1689–1699. Retrieved from Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107 415324.004

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlambang. (2019). Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BFE.

Husein, U. (2020). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip, & G. A. (2022). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P., & Keller. K.L. . (2019). A framework for marketing management. Boston, MA: Pearson.

Putri, C. A., & T. J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Management Journal, 3(1), 11-19.

Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh marketing mix dan sikap konsumen terhadap keputusan mengikuti kursus di lpk progress pare oleh. akuntabilitas: jurnal ilmiah ilmu-ilmu ekonomi, 9(2), 2.

Sawitri Dyah, d. (2016). Pengaruh Marketing mix terhadap loyalitas konsumen dengan variable intervening kepuasan pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia vol.4,no.1 .

Stanton. (2018). Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) Cetakan Delapan. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & P. S. (2018). Statistika Untuk Ekonomi & Keuangan Modern. . Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, & Fandy. (2022). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v6i1.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional