PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING BAGI WANITA PENGGUNA TIKTOK DI KOTA MEDAN

Maria Kristina Situmorang, Agus Perdana

Abstract


Perkembangan fashion di Indonesia sudah sangat pesat, yang diikuti dengan tren yang silih berganti. Dampak perkembangan fashion tersebut membuat masyarakat mau tidak mau mengikuti tren yang ada, tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat modern untuk tampil trendy dan stylish Pola konsumsi yang hedonis ini nantinya akan mengacu pada gaya hidup konsumen yang selalu mengikuti perkembangan terkini akan produk fashion yang ditawarkan. Perkembangan tren secara terus-menerus yang selalu ditawarkan oleh pusat perbelanjaan, akan mempengaruhi suatu konsumen untuk selalu menghabiskan uang dan waktu konsumen untuk membeli apa yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan akan semakin diuntungkan oleh konsumen yang memiliki hedonis tinggi, sedangkan konsumen juga dapat memperoleh kesenangan tersendiri. Konsumen akan melakukan pembelian secara berlebihan yang salah satunya didorong oleh stimulus-stimulus penawaran menarik yang ditawarkan oleh Tiktokshop

 


Keywords


Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


Arnold, J. Mark, Reynolds, E. Kristy. 2003. Consumer Behavior and Marketing Strategy.Journal of Retailing, Hedonic Shopping Motivations, Vol.79, pp. 77- 79.

Babin, B.J., Darden, W.R., and Grifin, M. 2009. Work and Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. Journal of Consumer Research, Vol.27,pp. 644-656.

Babin, B.J., Attaway, JS. 2000. Atmospheric Affect as a Tool for Creating Value and Gaining Share of Customer, Journal of Business Research, Vol.49, pp. 91-99.

Bayley, G. and Nancarrow, C., 1998. Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenol-menon. Qualitative market research, An International Journal, Vol.1, pp. 99-114.

Beatty, S. E., and Ferrel M. E. 1998. Impulse Buying: Modeling Its Precursors. Journal of Advertising Research, Vol.18, pp. 15-18.

Chusniasari. 2015. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan. Skripsi. Jember : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Cobb J.C. and Hoyer W.D., 1986. Planned versus impulse purchase behaviour. Journal of Retailing, Vol.62, pp. 384-409.

Lestari, I. P. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Customer Flashy Shop Surabaya. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Lumintang, Fenny. 2012. Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Impulse Buying Melalui Browsing dan Shopping Lifestyle Pada Online Shop. Jurnal Wima, Vol.1 pp. 6-8.

Mardianti, L. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying Behaviour (Penelitian Pada Yogya dan Ramayana Department Store). Jurnal Wacana Ekonomi, Vol.1 pp. 4-8.

Michael, Solomon. 2007. Consumer Behaviour: Buying, Having and Being,. Ed 7th.New York : Pearson Prentice Hall Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jg.v5i2.1125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional