Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENUMPANG MODA TRANSPORTASI ANGKUTAN LAUT DI PELABUHAN BELAWAN MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Parada Afkiki Saputra, Yohanes Sibagariang

Abstract


Terminal Penumpang Bandar  Deli Belawan yang terletak di  jalan Stasiun Belawan. Terminal Penumpang  Bandar Deli Belawan merupakan pintu masuk area Sumatera dan sekaligus menjadi terminal terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Pelabuhan Belawan adalah Pelabuhan yang terletak di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia dan merupakan Pelabuhan terpenting di pulau Sumatera Utara. Pelabuhan Belawan merupakan sebuah pelabuhan dengan tingkat kelas utama yang bernaung di bawah PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1).  Pelabuhan Belawan adalah salah satu Pelabuhan di Indonesia yang memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan arus barang baik itu impor maupun ekspor di wilayah pantai timur Indonesia yang berada di arus lalu lintas selat malaka yang sangat aktif dalam perdagangan internasional. Pelabuhan Belawan berada di dalam wilayah Kota Madya Medan yang teletak lebih kurang 27 KM dari pusat kota. Informasi dari penumpang pengguna jasa terminal penumpang bandar deli belawan diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bertujuan agar hasil atau data yang diperoleh relevan dan sesuai dengan tujuan penelitian.Persepsi pengguna jasa Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan berdasarkan nilai indeks kepuasan rata-rata terhadap 8 (delapan) faktor pelayanan Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan dengan interpretasi nilai Customer Satification Index, menunjukkan pelayanan yang diberikan oleh pengelola Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan cukup baik. Hasil penelitian diperoleh nilai indeks kepuasan rata-rata pengguna jasa di Terminal Penumpang  Bandar Deli Belawan terhadap 8 (delapan) faktor pelayanan sebesar 68,26  persen masuk kriteria cukup puas. Faktor fasilitas pendukung di ruang tunggu pelabuhan dan faktor informasi jadwal kapal termasuk salah satu yang cukup mendapatkan nilai baik. Namun pengguna jasa pelabuhan merasa kurang puas terhadap Faktor Ketersedian fasilitas parkir kendaraan masih butuh untuk dibenahi, faktor keamanan di lokasi terminal perlu dibenahi kembali. Sedangkan untuk Fasilitas Penunjuk Arah atau penunjuk jalan menuju lokasi terminal penumpang Bandar Deli Belawan masuk kriteria kurang puas dan menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya


Keywords


Customer Satification Index, interpretasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/ju.v4i2.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JUITECH (Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality) indexed by:

Crossref     

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.