ANALISA STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA BERAT SEBUAH PRODUK MINUMAN HASIL UKM DI SURABAYA

Dina Rachmawaty

Abstract


Perusahaan memberikan salah satu bentuk jaminan kepuasan terhadap produknya kepada konsumen dalam bentuk kualitas. Dapat dikatakan kualitas merupakan kriteria penting bagi konsumen untuk menentukan apakah konsumen layak untuk memilih suatu produk atau jasa, ataupun dapat menolak sebuah pilihan tersebut. Untuk memastikan proses produksi sebuah perusahaan masih dalam kondisi yang dapat dikendalikan atau dalam kondisi kurang baik, maka perusahaan menerapkan suatu kegiatan pengendalian kualitas. Salah satu tujuan dari suatu kegiatan pengendalian kualitas adalah untuk menentukan faktor-faktor penyebab kerusakan produk yang sedang diproduksi perusahaan tersebut. Teknik pengambilan keputusan tentang suatu proses atau populasi berdasarkan pada suatu analisa informasi yang terkandung di dalam suatu sampel dari populasi merupakan sebuah metode statistik. Statistik juga memberikan peranan dalam jaminan kualitas. UKM X merupakan salah satu UKM yang baru menjadi binaan Pemerintahan Kota Surabaya. UKM ini memproduksi berbagai minuman tradisional siap konsumsi dalam berbagai varian yang dikemas ke dalam sebuah botol kecil dengan berat maksimal 250 gram (gr). Untuk menjaga performa kualitas yang dapat diukur pada UKM ini, maka dicoba menerapkan cara pengendalian kualitas dengan memastikan berat masing-masing produknya berkisar pada 240 gr. Penentuan kualitas menggunakan metode pengujian hipotesis parameter populasi untuk mengetahui apakah berat minuman sesuai dengan hipotesa awal yang sudah ditentukan.

Keywords


Quality, UKM, SQC

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/ju.v4i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JUITECH (Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality) indexed by:

Crossref     

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.