MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI MELALUI RUMUS CEPAT PADA MATERI INTEGRAL

Indah Simamora, Pepy Pebyola Br Tarigan

Abstract


Rumus cepat dalam matematika merupakan suatu hal yang popular di kalangan siswa. Mereka menggunakannya terutama saat mereka menghadapi ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi. Rumus cepat menjadi strategi mereka dalam mensiasati ujian-ujian tersebut. Walaupun rumus cepat itu merusak konsep dasar yang sudah dibangun di sekolah namun hasilnya ternyata bisa diandalkan. Banyak siswa berhasil mendapatkan nilai ujian nasional matematika yang tinggi dan banyak juga siswa yang berhasil lolos ujian masuk perguruan tinggi favorit. Materi integral merupakan materi yang sulit dipahami dan tergolong soal HOTS. Sementara siswa dituntut untuk menjadi problemsolver, yang mengharuskan siswa memiliki pengetahuan yang kompleks, keterampilan, dan perilaku yang pantang menyerah dalam usaha    memecahkan masalah. Selain banyak latihan menjawab soal, dibutuhkan suatu strategi rumus   cepat untuk meningkatkan nilai matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA Swasta Bersama Berastagi pada materi integral tak tentu dan tentu aljabar dengan metode rumus cepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang disetiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XII SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan rumus cepat pada materi integral saat kegiatan pembelajaran. Dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar Siklus I adalah 15 siswa (53,57%) tuntas, dan 13 siswa (46,43%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 71,25 dan Siklus II terdapat 23 siswa (82,14%) tuntas, dan 5 siswa (17,86%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 86,79. Peningkatan ketuntasan belajar dari Siklus I ke Siklus II 28,57%.


Keywords


Rumus Cepat;Hasil Belajar Matematika; Integral

Full Text:

PDF

References


Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6 (1).

Jamiah, R., & Surya, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok DiKelas V SD NEGERI 200211 Padang Sidimpuan. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 5(2).

Kamila, I., Widyastiti, M., Andriyati, A., & Rohaeti, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Matematika Melalui Rumus Cepat Integral Bagi Siswa Ma Al Falak. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 585-591.

Kurniawati, R., Nur’Aini, N. F., Nurtsaniyah, S., Devitasari, D., & Oktaviani, R. M. (2020). Problematika siswa pada penyelesaian permasalahan integral tak tentu. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 233-240).

Nggremanto, A. (2010). Rumus Cepat Kreatif & Sukses Matematika Dasar. Bandung: IDE Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional