PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI KELAS III UPT SD NEGERI 068003 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Juniko Esra Tarigan, Hotma Tiolina Siregar, Septi Yulina

Abstract


Pembelajaran materi tentang permukaan bumi masih didominasi dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Dalam mengajar cendrung bersifat informatif atau hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dan kurangnya metode bervariasi oleh guru sehungga siswa belum terlibat secara dalam proses pembelajaran, dapat dikatakan guru dalam mengajar masih cenderung mengunakan metode ceramah saja dan hasil belajar yang diperoleh siswa banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Dengan Penggunaan Media Pop Up Book Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Di Kelas III UPT SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan Ajaran 2021/2022, menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan di analisis menggunakan statistik. Dengan mengunakan metode pembelajaran eksperimen dan pembelajaran konvensional yang bertujuan untuk mengetahui ada tindaknya pengaruh atau akibat dari sesuatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa.


Keywords


Media Pembelajaran, Pop Up Book, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widiya.

Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/236

Karwono dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pemblajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Ngalimun.2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presssindo.

Octavia, shiphy A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Samidi, Istarani. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Medan: Larispa.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Siti, dkk. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka cipta.

Suardi dan syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset.

Sudjana. 2016. Metoda Statistika.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offsed.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widi Asih Wisudawati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i2.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional