ANALISIS PROSES JAWABAN SISWA TERKAIT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PARANGINAN

Vera Dewi Kartini Ompusunggu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran yang dianalisis melalui lembar jawaban siswa, mengetahui kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data memberikan soal tes komunikasi matematis siswa    untuk mengumpulkan informasi dari hasil tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes yang diberikan berupa tes kemampuan matematis sebanyak 3 soal. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu:1) Kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika sebesar 34%. Pada penelitian ini peserta didik dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan atau tujuan dari permasalahan, 2) Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematik secara tertulis sebesar 25%. Pada penelitian ini peserta didik dapat menggunakan simbol-simbol matematika saat menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dan saat menyelesaikan permasalahan, 3) Kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik, secara tertulis maupun dengan gambar sebesar 30%.. Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kurang teliti. Adapun yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan adalah karena faktor lupa, kurang teliti, kesulitan dalam belajar dan waktu belajar dirumah yang kurang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v6i1.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional