PENERAPAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS TINGGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS QUALITY

dedi holden simbolon, Rita Herlina Perangin, Karmila Sebayang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media LMS (Learning
Management System) Moodle terhadap hasil belajar IPA Kelas Tinggi dan tingkat
aktivitas mahasiswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah IPA Kelas Tinggi.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan observasi tingkat
aktivitas. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes mahasiswa sebesar 53.52 dan
standar deviasi 10.338 dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 30. Setelah materi diajarkan
dari hasil postes diperoleh rata-rata sebesar 83.11 dan standar deviasinya 7.549 dengan
nilai tertinggi 92 dan terendah 60. Kemudian nilai rata-rata tingkat aktivitas mahasiswa
sebesar 76.63 dan standar deviasi 13.624 dengan nilai tertinggi 96 dan terendah 50. Dari
hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media LMS (Learning
Management System) Moodle dalam pembelajaran memiliki dampak yang positif
terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasisw


Keywords


LMS Moodle, Hasil belajar, Aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional