PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CTL BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP SISWA SMK SWASTA SMART SCHOOL IT

Nila Rizki Simamora, Madyunus Salayan, Ida Karnasih, Surya Wisada Dachi

Abstract


Hasil analisis menunjukkan (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba I dengan rata-rata 61,117 dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata 85,425 yang berarti meningkat sebanyak  24,308, berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai uji coba I dalam menentukan pola barisan persentasenya sekitar 95% dan sama dengan uji coba II yaitu 95% , itu berarti persentasi tujuan pembelajaran dalam menentukan pola barisan tidak bertambah ataupun berkurang, dalam menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika pada uji coba I persentasenya adalah 70 % sedangkan pada uji coba II sebesar 80%, ini berarti persentase menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika naik sebesar 10%, dalam menentukan pola deret pada uji coba I adalah sebesar 80% dan sama halnya dengan uji coba II 80%, ini berarti dalam menentukan pola deret persetasenya tetap atau tidak bertambah ataupun berkurang. Dalam menentukan rumus suku ke-n deret aritmatika pada uji coba I adalah sebesar 70% dan pada uji coba II adalah 90%, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 20% dari uji coba I ke uji coba II. Waktu yang digunakan dalam penelitian adalah sama yaitu dua kali pertemuan atau 2×45 menit. (2) Adanya peningkatan pada rasa percaya diri siswa setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata dari 145 menjadi 147,07. (3) Dalam menentukan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat dari tiga aspek yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran, dan waktu pembelajaran.


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan CTL, CTL berbasis ICT

Full Text:

PDF PDF

References


Jainal B. Togatorop




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i2.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional