ANALISIS RESPON MAHASISWA terhadap PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM sebagai MEDIA PEMBELAJARAN

Frikson Jony Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap penggunaan Goole classroom sebagai media pembelajaran yang dilakukan Universitas Quality semasa Pandemi Covid 19. Penelitian dilaksanakan di Universitas Quality dengan subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 2B13 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah respon mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Angket berjumlah 14 butir pernyataan. Dimana pernyataan pada angke terbagi dua indicator yaitu indicator penerimaan mahasiswa pada kemudahan Google Classroom dan indicator Performa Google Classroom . Untuk menganalisis data digunakan rumus persentase P=(F/N) x 100% dimana P adalah persentasi dari respon mahasiswa sedangkan F adalah frekuensi dari setiap jawaban/respon mahasiswa dan N adalah jumlah mahasiswa. Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh hasil dari idikator penerimaan mahasiswa pada kemudahan Google Classroom adalah sebesar 65.33% menyatakan setuju dan 34,67% menyatakan kurang setuju, ini menunjukkan bahwa pada indicator penerimaan mahasiswa pada kemudahan Google Classroom berada pada kategori Cukup Baik digunakan baik dilihat dari perilaku mahasiswa dalam menggunakan Google Classroom, implementasi Google Classroom  dalam pembelajaran maupun  ketersediaan infrastruktur untuk menggunakan Google Classroom. Sedangkan, untuk indikator performa Google Classroom rata-rata mahasiswa menjawab setuju 93.6 % dan tidak setuju sebesar 6.4%. Hal ini menunjukan penampilan, cara kerja maupun fasilitas yang diberikan Google Classroom bisa diterima dengan baik sekali oleh mahasiswa sebagai pengguna. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran Google Classroom mendapatkan respon yang baik sekali dari mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional