HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Heryanto Azis, Yuni Sarah Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA. Lokasi penelitian di SD Negeri 107404 Samberijo Timur Kec. Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan (α)  = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) rerata skor data kebiasaan belajar siswa diperoleh 82.07 dan berkriteria cukup, (2) rerata skor data hasil belajar IPA diperoleh 73.56 dan berkriteria sedang, (3) Kebiasaan belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPA 72.25%, dan (4) ada hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA.


Keywords


Study habits, science learning outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i2.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional