PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK KORBAN BENCANA ERUPSI GUNUNG SINABUNG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

Jainal Bidin Togatorop, Rita Herlina Br PA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui deskripsi pelaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa dan minat belajar dengan menggunakan permainan tradisional sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas V SD N 047175 Simacem Bekerah TA 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan permainan tradisional sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aspek aktivitas guru adalah 59,92% dan observasi aktivitas siswa 68,33, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, dan rata-rata nilai siswa adalah 68,25 serta rata rata skor minat belajar sebesar 16,50. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 73,15% dan observasi aktivitas siswa adalah 81,67, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,90 dengan rata rata skor minat belajar sebesar 26,50.  Berdasarkan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik,  dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 24,40 %, aktivitas siswa 19,52%, aktivitas guru 22,08% dan peningkatan minat belajar sebesar 60,60%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui permainan tradisional.

Keywords


Permainan Tradisional, Minat belajar

Full Text:

PDF

References


Akbari, Hakimeh, et al. "The effect of traditional games in fundamental motor skill development in 7-9 year-old boys." Iranian Journal of Pediatrics 19.2 (2009): 123-129.

Apriani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1).

Cahyono, N. 2011. “Transformasi Permainan Anak Indonesia”. Artikel. http://- permata nusantara.blogspot.com. Diakses pada tanggal 25 Juni 2019.

Hakimeh Akbari. 2009. Jurnal : Iran J Pediatr edisi Jun 2009; Vol 19 (No 2), Pp:123-129

Khasanah Ismatul, dkk .2011. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 Jakarta

Mayke S, Tedjasaputra, Bermain, Main dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2001

Nur Haerani (2013) Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013

Siradjuddin dan Suhanadji. 2012. Pendidikan IPS (Hakikat, Konsep dan Pembelajaran). Surabaya: Unesa University Press

Sukmayasa, I Made Hendra. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika”. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:konsep,landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Heryanti, V., Wembrayarli, W., & Hadiwinarto, H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisional (Congklak) (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu)

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan kemampuan dasar anak. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48-53

Yanci, Javier, and Jesús Cámara. "Effects Of Traditional Games Played In Physical Education Classes With Elementary School Students."




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional