HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 105401 NAMO LINTING KECAMATAN STM HULU SUMATERA UTARA

Srie Faizah Lisnasari, Eninta Br Barus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 105401 Namo Linting Kecamatan Sibolangit (Sumatera Utara) Tahun Ajaran 2018/2019.Jenis penelitian adalah korelasional dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket berisi pertanyaan tentang variasi mengajar guru (X) dan hasil belajar siswa (Y).menggunakan hasil ujian tengah semester. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik korelasi product moment dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru tergolong baik dengan skor rata-rata 77,38 dengan standar deviasi sebesar 9,01 walaupun masih adavariasi mengajar guru yang skornya di bawah rata-rata. Hasil belajar IPA siswa tergolong baik dengan nilai terendah60, dan nilai tertinggi adalah 90 dengan rata-rata 77,42 dan Standar Deviasi 10,53. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu rhitung 0,8638 > rtabel 0329, dan thitung 8,04 > ttabel 2,0739 . Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variasi mengajar guru dengan hasil belajar siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Variasi Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 105401 Namo Linting Tahun Ajaran 2018/2019


Keywords


Variasi mengajar, Hasil Belajar, IPA.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v3i1.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional