PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018.

R. L. HOLMES PARHUSIP, IRWANSYAH IRWANSYAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua siswa SMP Negeri 15 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Siswa Smp Negeri 15 Medan pada Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian terdiri dan Siswa Smp Negeri 15 Medan      yang berjumlah 78 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu : wawancara, observasi dan angket. Dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t - Test (uji beda) dengan ketentuan ha diterima apabila   th >  tt pada  = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa : motivasi belajar siswa SMP Negeri 15 Medan      tergolong kategori sedang dengan relatif = 47,43 %. Tingkat pendidikan ayah dari Siswa SMP Negeri 15 Medan pada umumnya berpendidikan menengah berjumlah 46 orang dan berpendidikan dasar berjumlah 23 orang.Tingkat pendidikan ibu dari siswa kelas V Siswa Smp Negeri 15 Medan      pada umumnya berpendidikan menengah berjumlah 40 orang dan berpendidikan dasar berjumlah 36 orang. Karena th< tt pada  = 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang berarti motivasi belajar siswa ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua Siswa SMP Negeri 15 Medan dalam hal ini hipotesa ditolak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v3i1.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional