HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PARANGINAN

Friska Andriani Situmorang, Iwan Setiawan Tarigan, Martua Sihaloho, Rogate Gultom, Betty Arly Sonti Pakpahan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila baik secara bersama-sama maupun secara parsial dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SD Negeri se Kecamatan Paranginan berjumlah 112 orang dengan sampel 81 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 orang yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini terbukti, hipotesis pertama koefisien korelasi (rx1y) = 0.727 > rtabel = 0,220 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung = 9,418 > ttable (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan. Hipotesis kedua diperoleh nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0.691 > rtabel = 0,220, dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung = 8,504 > ttable (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Peran Orang Tua dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan. Hipotesis ketiga koefisien korelasi ganda (R) = 0.780 > rtabel = 0,220, dan nilai Sig. F change = 0.000 < 0.05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua secara bersama-sama dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua dengan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar seKecamatan Paranginan baik secara bersama-sama maupun secara parsial karena telah teruji secara empiris.

Keywords


Teacher Competency, The role of parents, Implementation of the Project for Strengthening the Pancasila Student Profile

Full Text:

PDF

References


Herlambang, Dkk. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka

Kemdikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Bandung: Kata Pena.

Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi No. 56 Tahun 2022 (2022). Permendikbud No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka.

Rusnaini (2021), Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 27, No. 2, Agustus 2021, Hal 230-249 Doi:Http://Dx.Doi.Org/ 10.22146/Jkn.67613 Issn:0853-9340(Print), Issn:2527-9688

Wiyanarti Erlina, Dkk (2023) Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global Pp. 14-28 Jawa Barat, Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional