KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V UPT SDN 101831 BINTANG MERIAH

Heryanto Heryanto, Pandapotan Tambunan, Eduard Eduard, Yenni Florentina Ginting

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di UPT SD Negeri 101831 Bintang Meriah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 orang yang terdiri dari  2 kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan komunikasi matematis pada kelas  yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif  NHT diperoleh rata-rata 74,48 dengan kriteria sedang, pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,90 dengan kriteria rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan kemampuan komunikasi matematis  siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa  yang diajar  menggunakan pembelajaran konvensional.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT; Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Ade Haerullah dan Said Hasan. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar. http://repository. unkhair.ac.id/99/

Ali Hamzah & Muhlisrarini. (2018). Perencanan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Andi Sulistio dan Nik Haryanti. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalinggga: Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/408751-model-pembelajaran-kooperatif-cooperativ-609b9c2e.pdf

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://www.gurusukses.com/model-model-pembelajaran.pdf

Eksan dan Dadi Purnama. (2019). Seni Komunikasi Kapan Saja & Dimana Saja. Yogyakarta: C-Klinik Media.

Jusmawati, dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru.

Imas Kurniasih & Berlin Sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mohammad Archi Maulyda. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH

Muhamad Afandi, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf

Sinaga, Dameria. (2019). Pembelajaran Strategy Cooperative Learning. Jakarta: UKI Press.

Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group

Ummi Hanik Nashiha. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2): 179-188.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional