ANALISIS KEMAMPUAN SISWA PADA KERAPIAN, KETEPATAN PENGETIKAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD DAN PENGETIKAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN EQUATION TERHADAP SISWA SMK AR-RAHMAN MEDAN

Muhammad Daliani, Vera Dewi Kartini Ompusunggu, Silvani Lawken Tarigan

Abstract


Didalam dunia kerja penggunaan komputer merupakan hal yang tidak asing dilakukan didunia kerja. Penggunaan aplikasi komputer tersebut yang paling dibutuhkan adalah aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power Point). Microsoft Word yang memiliki peranan penting didalam pengunaanya. Hal ini dikarenakan microsoft word berisikan suatu halaman yang dapat diketik sesuai kebutuhan yang kita inginkan, seperti pembuatan berkas dokumen, surat menyurat, buku dan lainnya. Microsoft word dapat dikatakan seperti buku tulis digital yang dapat kita buat berbagai hal.

Penggunaan microsoft word selain mengetik kalimat juga harus diatur kerapian, tampilan paragraf dengan menggunakan pengaturan ditoolbar (posisi atas layar). Selain kalimat pengguna pasti terkadang membutuhkan pengetikan yang menggunakan rumus, simbol didalam matematika seperti kuadrat, pecahan, akar, sigma dan masih banyak lainnya. Sehingga didalam pengetikan tersebut pengguna microsoft word dapat menggunakan aplikasi ketiga yaitu microsoft equation.

Teknik mengetik merupakan dasar yang harus dimiliki pengguna aplikasi microsoft word. Keahlian didalam kerapian, pengaturan aplikasi ini wajib diketahui oleh setiap pelajar, khususnya lulusan SMK pada jurusan OTKP dan Akuntansi. Dimana lulusan SMK tersebut akan siap kerja didunia perkantoran mengetik segala berkas yang dibutukan.

Adapun penelitian ini akan dilaksanakan pada satuan pendidikan SMK Swasta Ar-Rahman Medan dengan sampel 80 siswa pada siswa OTKP dan Akuntansi. Penelitian kualitatif (Qualitative Research), yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok serta menggambarkan fakta dan gejala dengan cara mengumpulkan informasi. Dengan bukti berupa hasil terhadap desain one group pretest-posttest pada hasil belajar siswa didalam hasil praktek penggunaan komputer (simulasi dan komunikasi digital).

Hipotesis sementara menunjukkan bahwa hanya 20% siswa dapat menerapkan dan menggunakan aplikasi microsoft equation didalam pengetikan rumusan, simbol-simbol matematika serta 40% siswa dapat mengoperasikan microsoft word dengan kerapiam yang tepat.


Keywords


Kemampuan siswa, Pengetikan, Microsoft Word, Equation

Full Text:

PDF

References


Abdul, “Panduan Mengetik Komputer Yang Rapi di Microsoft Word”, Modul Komputer. https://modulkomputer.com/panduan-mengetik-dokumen-yang-rapi-di-microsoft-word/.

Depdikbud. “Metode Mengetik” Jilid 1 (2002 : 12).

Elisa, Irukawa. “Cara Menulis Rumus Di Microsoft Word”. 03 Mei 2023. https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-rumus-di-microsoft-word/.

Jejak Pendidikan, Pengertian Kemampuan (Selasa, 13 Desember 2016).

KBBI edisi ke tiga,( Jakarta: Balai Pustaka 2005) Hal. 708. http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/pengertian-kemampuan.html.

Selasar, “Pengertian Microsoft Word” 2023. https://www.selasar.com/pengertian-microsoft-word/.

Situsinesia. Trik Khusus Mahir Mengetik 10 Jari Dalam 7 Hari. June 19, 2019. https://www.situsnesia.com/2019/06/belajar-mengetik-10-jari.html.

Support Microsoft.” Mengedit persamaan yang dibuat menggunakan Microsoft Equation Editor”. https://support.microsoft.com/id-id/office/mengedit-persamaan-yang-dibuat-menggunakan-microsoft-equation-editor-08a44b8c-ae15-41a7-bc15-7239890c0cec.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional