PENGGUNAAN METODE DESKRIPTIF DALAM MENEMUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Frikson Jony Purba, Joen Parningotan Purba, Yehovah Nissi Purba, Tiopan Andika Panjaitan, Heni Erfita Simarmata

Abstract


Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar-mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual, dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Untuk mencapainya harus melalui tahap demi tahap yaitu belajar untuk mencapai kedewasaan melalui bimbingan dan memiliki motivasi yang tinggi.

Motivasi merupakan proses internal yang menjadi salah satu faktor penggerak bagi siswa untuk mau melibatkan dan mengarahkan dirinya ke dalam pembelajaran hingga mencapai hasil tertentu. Motivasi siswa dapat digerakkan dari faktor eksternal seperti pemberian materi oleh guru yang disusun secara kreatif, dukungan dari orang tua, sedangkan motivasi dari faktor internal dapat digerakkan dengan adanya minat belajar dari siswa. Motivasi tersebut dapat juga dilihat dari kegiatan belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Study Deskriptif. Iuaran yang ditargetkan dari penelitian yang diusulkan yaitu untuk membantu menemukan motivasi belajar siswa.


Keywords


motivasi_Belajar_Siswa

Full Text:

PDF

References


Christensen, Larry B. 2007. Experimental Methodology: Tenth Edition. USA: PearsonEducation, Inc.

Davies, Ivor K., Pengelolaan Belajar, Alih Bahasa Sudarsono Sudirja, Jakarta: Rajawali, 1991.

De Cecco, J.P. & Crawford, W. (1977). The Psychology of Learning and Intruction. 2

edition. New Delhi Prentice-Hall.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1999.

Winkel, W S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1991




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional