GAME ONLINE SEBAGAI PERUBAHAN KEBUDAYAAN BESERTA DAMPAKNYA

Andriyansyah Andriyansyah, Lisna Sandora

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab game online dapat merubah kebudayaan yang terjadi disuatu masyarakat serta juga mencari tahu dampak-dampak yang dsebabkan oleh game online ini terhadap para pengguna yang memainkannya. Penulisan artikel ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas dengan membandingkan sebab akibat dari permasalahan yang ada menggunakan berbagai data-data kepustakaan yang turut membahas mengenai topik game online tersebut. Game online merupakan suatu hal yang sangat digemari oleh masyarakat. Hampir dari semua kalangan setidaknya pernah memainkan satu dari berbagai macam game online yang ada. Dengan pengaruh dari teknlogi yang ada, tidak memerlukan waktu yang cukup panjang bagi game tersebut untuk mulai dikenal dan dimainkan oleh khalayak ramai sehingga menggantikan posisi dari permainan tradisional yang ada. Kemudian dampak-dampak yang diberikan juga beragam, hal tersebut tergantung dari bagaimana seseorang pengguna game online memainkannya. Ada yang memiliki kecanduan berlebih sehingga menimbulkan dampak negatif serta ada yang dapat mengontrol dirinya agar tidak terlalu larut dalam memainkan game online tersebut, serta dapat mengambil beberapa pengaruh positif yang ada seperti kemampuan berbahasa asing dan mengasah kemampuan analisis.

Keywords


Game Online; Virtual; Kebudayaan; Perilaku Pengguna

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137-149.

Bastian, H., & Khamadi. (2016). Dampak Digital Game Terhadap Perkembangan Sosial Budaya Masyarakat. Andharupa, 02(01), 33-44.

Fauziah, E. R. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. Ejournal Ilmu Komunikasi, 1(3), 1-16.

Inrevolzon. (2013). Kebudayaan dan Peradaban. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 1(2), 1-8.

Kapoh, G. F. (2015). Perilaku Sosial Individu Pemain Game Online "Perfect World" di Desa Sea Satu. Jurnal Holistik, 1-17.

Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1-11.

Mahdayeni, Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154-165.

Munti, N. Y., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799-1805.

Priyantoro, E. (2016). Persepsi Dasar terhadap Video Game sebagai Aplikasi Pragmatis dan Media Reflektif. Jurnal Itenas Rekarupa, 4(1), 47-57.

Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Wibawa, M. (2016). Budaya Media Sosal dan Game Online dalam Pandangan Filsafat Teknologi Don Ihde. Konstelasi Kebudayaan Indonesia 1, 1-11.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02(03), 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional