PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU PADA SISWA KELAS V SDN NO. 105308 NAMO BINTANG

Friscilla Sembiring, Yessica E Sinabariba, Witaren Laia

Abstract


Penguasaan kosakata bahasa Inggris pada materi familymelalui lagu merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 105308 Namo Bintang. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 siswa kelas V di SDN 105308 Namo Bintang. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulandatayangdigunakanadalah tes,unjuk kerja, observasi dancatatan lapangan. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi rating scale siswa dan guru, lembar soal isian singkat dan lembar catatan lapangan. Teknikanalisisdata yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dalam siklus I menunjukkan kemampuan siswa mengartikan kosakata materi family adalah 67 dan dalam siklus II menjadi 84, kemampuan siswa membaca kosakata materi familydan adalah 70 dalam siklus II meningkat menjadi 82, sementara kemampuan siswa menulis kosakata materi family adalah 73 dan dalam siklus II meningkat menjadi 90. Peningkatan aktivitas siswa sebanyak 47% dari siklus I 43 % dan siklus II 90 %. Berdasarkan penelitian ini, lagu merupakan media efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.


Keywords


Bahasa Inggris, Lagu, penguasaan kosakata

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional