PENGARUH MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA LINTONG NIHUTA KECAMATAN RONGGUR NIHUTA KABUPATEN SAMOSIR

Siti Zahara H. Harahap, Mariana Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ludo terhadap motivasi belajar matematika pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023 di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket  motivasi belajar matematika berisi 20 pertanyaan dan dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia sekolah dasar yang mengikuti layanan bimbingan di lokasi MBKM desa Lintong Nihuta yang berjumlah 30 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah  12 orang yang diambil secara acak dengan tingkatan kelas yang berbeda. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar  0.000246 dan t tabel sebesar 0,05 t hitung < t tabel  artinya  ada pengaruh yang signifikan media permainan ludo terhadap motivasi belajar matematika pada anak usia sekolah dasar di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir


Keywords


Media, Permainan Ludo, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Irmayani. 2020. Pengaruh Peran Peran Orang Tua terhadap Motivasi belajar Peserta didik MTs DDI Lero di Dusun Adolang Desa Lero Kecamatan Suppa. Skripsi. Parepare. Institute Agama Islam Negeri Parepare.

Kristiani, Dian. 2015. Ensiklopedia Negeriku (Permainan Tradisional). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Kusumawati. 2021. Kelayakan muitimedia pembelajaran interaktif dalam memotivasi siswa belajar matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyani, Novi. 2013. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

Sanjaya, Wina. 2015. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, Arief S. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Program KeahlianAkuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Skripsi.Yogyakarta: UniversitasNegeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta..




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional