PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (YOUTUBE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 068007 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T. A 2022/2023

Siti Zahara H. Harahap, Rinci Simbolon

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh media audio visual (Youtube) terhadap hasil belajar siswa SDN 0608007 Kec. Medan Tuntungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023 di Semester Genap T. A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 0608007 Kec. Medan Tuntungan dengan jumlah 54 siswa yang terdiri VA 24 siswa VB 26 siswa. Sampel penelitiannya kelas VA berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada pretest di kelas ekprimen sebesar 46,14  sedangkan di kelas kontrol sebesar 48,14. Sedangkan hasil belajar siswa pada postest di kelas eksperimen sebesar 69,32 sedangkan di kelas kontrol sebesar 62,95. Dari hasil tersebut dapat dilihat peningkatan rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 0,43 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,29. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Audiovisual, Youtube, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional