PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 068007 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Pembelajaran IPA dengan materi Jenis-jenis Hewan Berdasarkan Makanannya masih didominasi dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Dalam proses belajar mengajar cenderung bersifat informatif atau hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dan kurangnya media pembelajaran yang bervariasi yang digunakan oleh guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, dapat dikatakan guru dalam mengajar masih cenderung mengunakan metode ceramah saja dan hasil belajar yang diperoleh siswa banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Dengan Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Jenis-jenis Hewan Berdasarkan Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023, menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan di analisis menggunakan statistik. Dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk mengetahui ada tindaknya pengaruh atau akibat dari sesuatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa.
Keywords
Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Baharuddin dan Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Arruz Media.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks
https://eprints.umm.ac.id/37215/3/jiptummpp-gdl-ratnadwida-53126-3-babii.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.1002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional