PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 068007 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Hotma Tiolina Siregar, Juniko Esra Tarigan, Putri Aurelia, Stella Amanda Br Tamba

Abstract


Pembelajaran IPA dengan materi Jenis-jenis Hewan Berdasarkan Makanannya masih didominasi dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Dalam proses belajar mengajar cenderung bersifat informatif atau hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dan kurangnya media pembelajaran yang bervariasi yang digunakan oleh guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, dapat dikatakan guru dalam mengajar masih cenderung mengunakan metode ceramah saja dan hasil belajar yang diperoleh siswa banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Dengan Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Jenis-jenis Hewan Berdasarkan Makanannya Di Kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023, menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan di analisis menggunakan statistik. Dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk mengetahui ada tindaknya pengaruh atau akibat dari sesuatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa.

Keywords


Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Baharuddin dan Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Arruz Media.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks

https://eprints.umm.ac.id/37215/3/jiptummpp-gdl-ratnadwida-53126-3-babii.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i1.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional