PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS BERBASIS PROJECT BASE LEARNING (PJBL) TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA
Sari
Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kevalidan produk dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya (2) Untuk mengetahui keefektifan dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Jenis penelitian ini adalah dengan Research and Development (R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya dari validator ahli media yaitu 83%, dengan kategori Sangat Valid, dari validasi dosen ahli materi yaitu, 86 %, dengan kategori Sangat Valid. Sedangkan analisis data terhadap keefektifan oleh guru kelas V SD dan didapat hasil sebesar 92% yang dengan kategori Sangat Efektif.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggit Grahito.W. 2020. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori dan Implementasinya). Surakarta : UNISRI Press
Akbar Sadun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Azizatul Khairi, dk. 2022. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: PT Nasya Expanding Management
Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Daryanto. 2017. Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya
Ismail MI. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publishe
Novi Ratna Dewi,dkk. 2021. Pengembangan Media dan Alat Peraga. Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran IPA. Magelang : Pustaka Rumah Cipta
Regina A.D. 2020. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta : Guepedia
Sapriati A,dkk, 2018. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudi Hari Rayanto, and Sugianti, 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2RD2. Kota Pasuruan Indonesia: Lembaga Accademic & Reserch Institute
Instarani ,2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Widodo. 2017. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok : Rajagrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1584
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##