PENGEMBANGAN E-LKPD IPAS BERBASIS PROJECT BASE LEARNING (PJBL) TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

Rita Herlina Br PA, Jainal Togatorop, Angelika Kristin Br Bangun

Sari


Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kevalidan produk dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya (2) Untuk mengetahui keefektifan dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Jenis penelitian ini adalah dengan Research and Development (R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang dalam pengembangan E-LKPD IPAS berbasis Project Base Learning (PJBL) terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Materi Wujud Zat dan Perubahannya  dari validator ahli media yaitu 83%, dengan kategori Sangat Valid, dari validasi dosen ahli materi yaitu, 86 %, dengan kategori Sangat Valid. Sedangkan analisis data terhadap keefektifan oleh guru kelas V SD dan didapat hasil sebesar 92% yang dengan kategori Sangat Efektif.

 


Kata Kunci


E-LKPD, PJBL, IPAS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggit Grahito.W. 2020. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori dan Implementasinya). Surakarta : UNISRI Press

Akbar Sadun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Azizatul Khairi, dk. 2022. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: PT Nasya Expanding Management

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2017. Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya

Ismail MI. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publishe

Novi Ratna Dewi,dkk. 2021. Pengembangan Media dan Alat Peraga. Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran IPA. Magelang : Pustaka Rumah Cipta

Regina A.D. 2020. Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta : Guepedia

Sapriati A,dkk, 2018. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yudi Hari Rayanto, and Sugianti, 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2RD2. Kota Pasuruan Indonesia: Lembaga Accademic & Reserch Institute

Instarani ,2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok : Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1584

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA