PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI KEPADA SISWA KELAS III SD MIS AL-KHAIRAT

Siti Rakiyah, Hasni Suciawati, Preti Supriyani Damanik

Sari


Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Pada paradigma lama, literasi diidentikkan sebagai kemampuan membaca dan menulis, namun pada perkembangannya literasi dimaknai sebagai upaya memaknai proses membaca dan menulis serta pembelajarannya. Pembelajaran literasi adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami teks, berpikir kritis, dan mengolah kemampuan komunikasi secara kreatif. Model pembelajaran literasi adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan membaca dan menulis di kelas siswa SD kelas III Mis Al-Khairat. Model ini dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan, disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Dari penjelasan yang sudah diuraikan, penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan membaca dan menulis di kelas siswa SD kelas III Mis Al-Khairat dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode deskriptif dan akan diterbitkan pada jurnal Curere di Universitas Quality.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Literasi, Literasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cremin et al. 2014. Reading and Representing Across the Content Areas: A Clasroom Guide. New York: Teachers College Press, Columbia University.

Damayanti, R., & Chamidah, A. 2017. Keterampilan membaca: literal, matematis, kritis, kreatif. Surabaya: UWKS PRESS

European Literacy Policy Network. 2015. “Reading for Pleasure”. dilihat pada 26 November 2019, Eli-net.eu.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, 2016. Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013). Jakarta: Dikdasmen, Kemendikbud.

Sevima. 2020. Pengertian Literasi Menurut Para ahli. Educational Platform for Universities. Surabaya

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca: sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

http://www.unesco.org/new/en/education/themes/education-building-blocks/literacy/




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1551

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA